Generasi X Y dan Z


TERMASUK GENERASI APAKAH ANDA??? @_@??
 

Di masa mendatang, perkembangan generasi muda seperti apa yang akan kita lihat, tak terbayangkan. Setiap generasi dipengaruhi oleh kondisi social, ekonomi, budaya yang tengah mewabah terjadi di sekitarnya. Perbedaan generasi antar zaman, sangat wajar terjadi. Tentunya tak luput dengan adanya perbedaan karakteristik yang ada. Hal ini terjadi, sebab mereka selalu berhadapan dengan pandangan yang berbeda pula. Ada kemunculan nilai baru an kebertahanan niai lama, atau modifikasi kedua nilai tersebut. Demi memudahkan penyebutan, para ahli membuat beragam istilah.
1.      Generasi Baby Boomers
Baby Boomers merupakan kelompok masyarakat yang hidup setelah Perang Dunia II (1946-1964). Istilah ini bisa keluar, sebab pada jangka waktu generasi ini ada, telah terjadi peningkatan angka kelahiran yang drastic. Anak-anak yang terlahir di generasi ini, merupakan golongan mayarakat yang baru mengenal televise. Music yang hidup pada zaman ini merupakan music Rock ‘n Roll, sebagai media pengekspresian ciri generasi mereka.

2.      Generasi X
Generasi ini lahir antara tahun 1965-1980. Berdasarkan penelitian tentang geerasi X di Inggris oleh  Jane Deverson (1964), terungkap beragam tingkah laku anak muda saat itu. Di antaranya : mulai luntur rasa hormat kepada orangtua, tidak suka kepada Ratu Inggris, tidur bersama sebelum menikah itu dibilang ‘cool’ #pliss deh, nggak banget,.. iuhh :/ ,-- music Punk muncul secara fenomenal, kehidupan hippies (konsumsi ganja, LSD) mulai dikenal #ASTAGHFIRULLOHAL’ADZIIM….. NA’UDZUBILLAH daah… errrrrrr,.—
Generasi X yang tumbuh berkembang pada masa kejayaan video games dan MTV. Generasi ini juga disebut-sebut memiliki ciri : kurang optimis ma yang namanya future alias masa depan (nggk terlalu pesimis juga seh), skeptic, udah kagak doyan ma yang namanya nurut ma nilai & norma, nggk punya totokromo ma ortu  #keterlaluan banget deh!! Wadoh wadoh, bisa gawat para orangtua ini, guys jangan ditiru daah…. Nambah tabungan dosa aje…,--
Awal tahun -90_an, media menampilkan generasi ini sebagai generasi yang suka menyendiri, tindik’an, lebih memilih kerja di restoran #wah, ora mbois to mas mbak buk…,--- dan doyan banget makai kemeja flannel   #what?? :/ @-@=mummet

3.      Generasi Y
Punya nama lain Generasi Milenium  #ohhh mann, keren juga,..—  generasi ini punya ciri-ciri : melek teknologi baru. Bisa dibilang, hidupnya mah serba digital getoh. Sebuah survey pada kurang lebih 7000-an mahasiswa di Amerika oleh Reynol Junco dan  Jeana Mastrodicasa (2007), terungkap bahwa 97% telah memiliki computer, 94% punya ponsel, 76% udah nggunain fasilitas  Instant Messaging, 28% menulis blog, 44% membaca blog, 97% pada pernah ngunduh music melalui –peer to peer_file sharing--, 75% memiliki F.B. , 60% punya beragam tipe portable mesik/video : seperti iPod.
Generasi Y tidak memiliki memori tentang Perang Dunia II, juga Generasi X yang tidak memiliki memori Perang Vietnam

4.      Generasi Z
Masih nggak ada habis kagum + rada geregetan ma generasi sebelum-sebelumnye, masih ada satu calon generasi baru yang bakal lahir di abad ke-21. They are Platinum Generation. Generasi ini lahir di masa keterbukaan telnologi, cara berpikir, berperilaku, serta adanya sarana pendidikan yang jauh lebih baik   #waaahhh, enyak buanget itu….. meri sayya…. Mmmaaaakkkk ….. –lebay sangat-- ,. Pemilihan generasi tentu perlu diikuti dengan adanya penyikapan-penyikapan tertentu demi kehidupan umat manusia secara kseluruhan yang lebih berkualitas.

Apapun istilahnya, generasi muda sakarang tumbuh seiring dengan beragam kejadian yang mengubah dunia --- of course nggk luput dari nyang namanya ITC---  Okelah guys, gud lak lah buat segala impian kalian. Moga informasi ini bermanfaat yaa… di sini penulis juga baru tahu waktu baca artikel+ngetik tulisan ini. Makasiii buanyak sangat dah but yang uda lilo baca.

Comments

Popular posts from this blog

Naskah Drama 7 orang >> "Aduh Ujang"

Demi Trisno (Naskah Drama)

Puisi, Pantun. Gurindam Lingkungan -8baris