Jagat Raya



Pernahkah teman-teman bayangkan betapa besarnya jagat raya?? Kita bukan hanya tidak mengetahui berapa besar ukuranya, tapi juga sulit untuk membayangkan seberapa besar alam semesta ini. Bumi tempat kita tinggal saja hanyalah ibarat sebagai debu, jika dibandingkan dengan ukuran jagat raya yang teramat luas ini.

Sekarang coba kita lihat jagat raya ini dari Bumi, planet tempat kita tinggal. Jika kalian melihat pemandangan langit malam hari, tentu kalian sering mendapatkan tempat yang luar biasa mengenai alam ini, cahaya yang kita lihat datang dari bintik-bintik terang di langit. Nah,dimana ya kira-kira letak Bumi tempat kita berpijak ini??

Bumi tempat kita berpijak ini, berada pada suatu sistem yang dinamakan Tata Surya. Tata Surya merupakan sistem edar planet-planet dan benda langit lainnya yang mengelilingi satu atau lebih bintang.

Dalam Tata Surya kita terdapat delapan buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips, lima planet kerdil, 173 satelit alami yang telah diidentifikasi, dan jutaan benda langit (meteor, asteroid, komet)lainnya. Semuanya berevolusi mengelilingi satu bintang yang bernama matahari, dimana matahari terletak di pusat Tata Surya.

Nah, tentu kita masih ingat delapan planet yang mengelilingi matahri. Lho, kenapa hanya delapan?? Bukannya sembilan planet, kemana yang satu lagi??!! Semenjak 24 Agustus 2006, status pluto yang sebelumnya adalah planet berubah menjadi planet katai/kerdil. Semenjak itu, pluto tidak dikategorikan sebagai sebuah planet oleh Perkumpulan Astronomi Internasional (International Astronomical Union/IAU)

Comments

Popular posts from this blog

Naskah Drama 7 orang >> "Aduh Ujang"

Demi Trisno (Naskah Drama)

Puisi, Pantun. Gurindam Lingkungan -8baris