Si Otaka dan Otaki


Assalamu’alaikum temen semua,……
Pada rubric ini kita akan ngebahas tentang Si Otaka dan Otaki
Temen2 uda pada kenal sama mereka, bukan?!
Sebelum itu, yuk kita review diri kita ini…. Tergolong komunitas yang pro Si Otaka kah? Atau Pro Otaki ya????
    -kamu itu orangnya yang gimana sih???
a. humoris
b. serius

a. simple
b. rumit

a. menyenangkan  
b. membosankan

a. boros
b. hemat

a. lebih percaya intuisi (rada2 tahayul gitu)
b. lebih percaya fakta

a. berantakan-kacau
b. rapi-terorganisir

a. ede = ekspresif
b. ide = profitabilitas

a. sensitif
b. logikatif

a. suka bertualang (mbolang)
b. hati-hati

a. bermimpi besar
b. berpengetahuan umum

a. tukang sorak (rame)
b. pendukung diam

a. pelanggar aturan
b. pembuat aturan

a. pikiran bebas
b. berpikir konservatif

a. spontanitas (susah ditebak)
b. mudah ditebak

dpilih option A atau B yah,….. entar kamu cari hasil yang lebih dominan antara hasi A dan B.
emang buat apaan sih?????


Sebelum itu, yuk kenalan ma si Otaka dan Otaki!!!!
Mereka berdua adalah sahabat kita semua. Udah mendampingi kita saat masih dalam kandungan Ibu malah. Mereka yang mbantu kita untuk dapat beraktivitas dan melakukan banyak hal. Mereka pula yang udah kita ajak menderita bareng waktu ujian tiba. Merekalah Otak kita.

OTAK KAnan = OTAKA
OTAK KIri     = OTAKI

Udah pada kenal kan??? Yakin deh uda pada paham beut ma kedua hal di atas. Tapi di sini Aisyah coba ulas sedikit tantang mereka. Buat yang uda tau, anggep aja sebagai alat buat ngeputar memori (kalau nggak, juga gapapa kok) dan buat yang baru tahu.. semoga manfaat dan bisa membantu. (:D nyengir)

Perbedaan fungsi Otak Kanan dan Kiri sudah popular sejak 1960 oleh Paman Roger Sperry seorang peneliti, yang menemukan bahwa otak manusia terdiri atas 2 Hemisfer (bagian). Yang mana dapat dijabarkan, memiliki fungsi berbeda.
Yang mana Otak kanan lebih identik dengan : kreativitas, persamaan, khayalan, bentuk atau ruang, emosi, music, warna, bepikir lateral, tidak terstruktur, dan cenderung memikirkan hal2 yang tak mendetail. Dan Otak Kiri lebih identik dengan : rapi, perbedaan, angka, urutan, tulisan, bahasa, hitungan, logika, terstrukutur, analitis, matematis, sistematis, liniear, mendetail (bertahap)
Kemudian atas jasa beliau yang luar biasa, beliau mendapatkan Nobel, 1981. Beliau juga menambahkan bahwa pada saat otak kanan sedang bekerja otak kiri cenderung lebih tenang, dan sebaliknya.

Si Otaka berfungsi dalam perkembangan EQ (Emotional Quotient)
, seprti hal2 identik punya Otaka yang telah disebutkan di atas. Selain itu Daya Ingat Otaka bersifat panjang/ long term memory (widdiiiiih,… nggak pikunan dong :)*ting). Bila terjadi kerusakan pada Si Otaka, maka kemampuan yang terganggu adalah kemampuan visual dan emosi misalnya. Contohnya adalah stroke.

Sedangakan Si Otaki berfungsi sebagai pengendali IQ (Intellegence Quotient), seperti hal2 identik yang disebutkan sebelumnya. Daya ingat Otaki berlawanan dengan Otaka yang nggak pikunan. Daya ingatnya bersifat jangka pendek/short term memory (waaah,… tanda2 penuaan pada usia belia = PIKUN :D*nyengir). Jika si Otaki mengalami keruasakan maka akan ada gangguan dalam fungsi tubuh tuk bicara, berbhasa, dan menghitung/ matematika. (kemampuan calistungnya terganggu…)

Setiap individu pasti memiliki sikap dominan untuk memaksimalkan penggunaan salah satu bagian otak tersebut, baik dalam menyelesaikan masalah hidup ataupun pekerjaan. Walau demikian, kedua bagian tersebut terlibat dalam hampir semua proses pemikiran (hidup rukun ni yeeee,…… cinta damai :D)

So,… temen2 nggak usah heran kalau sekarang banyak banget event2 yang berusaha untuk memaksimalkan penggunaan kedua fungsi otak kita. Bisa dibilang, biar nggak mereng sebelah gitu. Dan Paman kita yang satu lagi Paman Doung Hall juga menyebutkan pribadi umum komunitas pro Otaka dan Otaki. Sebagaimana option di awal tadi. Kira2 kamu kegolong yang mana kah???????
Mau tau jawabannya,…..
Tulis di hasil pilihanmu di kotak komentar yah,…. (jiiiiaaaaaa,… dasar!!!! Maunya ni orang!!!!) hiiiii :D*nyengir

Oh ya,… pesen doang. Gunakan otak kita semaksimal mungkin selama kita masih ada unur. Cz ada riset yang bilang kalau otak orang Indonesia mahal banget kalau dijual. Tuh kan???? Jangan mau diremehkan gitu aja dong. Kita harus mempertahankan haraga diri sekaligus anigrah luarbiasa dari Sang Maha Sempurna, otak kita. Okkkeeeee?????
Sekian yah,….

Wassalamu’alaikum,kawan……
By : Pustaka Pribadi Penulis- www.hendryrisjawan.com - tentunya dengan  beberapa perubahan dari penulis

Comments

Popular posts from this blog

Naskah Drama 7 orang >> "Aduh Ujang"

Demi Trisno (Naskah Drama)

Puisi, Pantun. Gurindam Lingkungan -8baris