Sejarah Kertas


Pada tau yang namanya kertas nggak??? Tau sejarahnya nggak??  Karena saya lagi baik hati, saya tell to you lah…. …… ……
Bahan kertas ditemukan oleh seorang pegawai negeri pada pengadilan Cina, Tsai Lun (105M). beliau mempersembahkan contoh kertas kepada Kaisar Ho Ti. Kaisar jadi seneng tuh, akhirnya Tsai Lun tadi dapet hadiah deh (kaya anak kecil aje.. Dikasih hadiah gitu…. Hehehehe #pis :D). hadiahnya bukan otak pensil, medali, besiswa atau benda aneh yang ada in your mind lho,…. #sok tau deh,.. huh!! Hadiahnya berupa kenaikan pangkat dan gelar bangsawan dari Kaisar Ho Ti.

Penggunaan kertas mulai menyebar ke seluruh Cina pada abad ke-2. Cina mampu mengekspor kertas ke negara-negara Asia. Pembuatan kertas sangat dirahasiakan oleh negara Cina
#iddiihhh,… bapaknya, medhit buanget to pak’e mboten mbois lah,.. heheh :/  Tappiiiiiii,….. namanya juga rahasia, bak istilah sebaek-baeknya orang medem secret pasti bakal kabongkarlah #mbelgedhes ah--, pada 751 beberapa tenaga ahli pembuat keryas ditawan oleh orang-orang Arab. Alhasil, kebongkar deh, dan menyebar di Baghdad, Samarkand, hinggga ke seluru daerah Arab.
Kemudian pada abad ke-12 orang Eropa mempelajari teknik pembuatannya. Semenjak itu pulalah, pembuatan kertas terus berkembang sampai akhirnya ditemukanlah Mesin Cetak Gutenberg¸untuk mnggantikan kulit kambing  sebagai alat tulis menulis. Mulai saat itulah pemakaian kertas di seluruh dunia dan dipakai hingga sekarang.

Comments

Popular posts from this blog

Naskah Drama 7 orang >> "Aduh Ujang"

Demi Trisno (Naskah Drama)

Puisi, Pantun. Gurindam Lingkungan -8baris