Capung Sang Nenek Moyang


Serangga merupakan binatang yang tidak terhalang oleh batas benua dan batas samudra, binatang yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya, bahkan di sekitar rumah kita pun dapat ditemukan berbagai macam serangga…

 Kali nni kita akan membahas sedikit tentang capung,.. Pada tau capung kan??? Udda pada kenal ma serangga yang satu inni to?? Serangga yang satu ini dapat qt temukan di belahan dunia manapun!!! Saking banyaknya, serangga ini dikenal dalamberbagai bahasa di dunia. Dalam Bahasa Inggris = Dragonfly ; orang Spanyol =  LIbelulas ; orang Filipina = Tutubi ; orang Turki =  Yusuf\uk ; orang Jawa = Kinjeng atau Coblang.

Emangnya yang menarik dari capung ntu apa’an seh??


Pertama :

Coba kita melihat kembali ke masa lalu……… jauh sebelum manusia adda!!! Mundur lagi dehh,.. ke masa dimana Dinosaurus BELUM MUNCUL SEBAGAI PENGUASA DUNIA!! (wadduuhhh ntu jaman apa’an,..) Pada tau kagak ntu jaman apa??? Jawabannya adalah,  masa sekitar 360-250 milyar tahun yang lalu, atau oleh para ahli purbakala disebut sebagai Carboniferous.

Bayangin deh,.. jaman ntu merupakan jaman yang tenang … dunia yang dipenuhi tumbuhan purba!! Dimana nggak adda seekor hewan pun yang lebih besar dari serannga!!! ,, . . . . . Hmmm, dunia serasa millik serangga doang deh kaya’nya… bener-bener surge dunia bagi serangga!! Dan pada saat ntu lah, hidup nenek moyang capung. Nenek yang atu ini memiliki bentuk yang nggak jauh beda ma capung yang adda saat ini. Bentuk tubuhnya panjang dan runcing kaya’ batang pensil… dilengkapi empat helai sayap transparan.. serta punya warna tubuh yang menarik. Nenek ini bernama Delitzschala bitterfeldensis (amboi,.. susah banggett boo’..)

Okke ddaahh sekarang qt udda pada tau klu serangga capung ini ternyaa lebih tua dari dinsaurus!!! Hal ini belum banyak dikrtahui umum. Mungkin ajje para keturunan alias cucu dari cucu cucu cucunya nenek dari neneknya dari neneknya lagi sampe ke nenek moyang, pada kagak ngarti klu nenek* mereka udda melewati rentang waktu yang beegiittu pppaaaaannnjjjaaaaaanggg!!! (fyuhh, lebay ddeehh)

Walaupun serangga yang atu nni muddah banget untuk ditemukann,.. namun nggak sedikit orang yang masih kebawa perasan ataw penasaran ma tingkah laku hewan yang satu inni,.. hingga akhirnya para ilmuwan memutuskan untuk menyelidiki serangga yang atu inni secara besar*an!! Salah satunya adalah Martin Wikelsky,….



Mau tahu appa yang membuat Om Martin penasaran ma serangga inni,… ????

See You at the next part… J

Bersambung. . . . . . . .

Comments

Popular posts from this blog

Naskah Drama 7 orang >> "Aduh Ujang"

Demi Trisno (Naskah Drama)

Puisi, Pantun. Gurindam Lingkungan -8baris