AURORA

Aurora Autralis
Aurora Borealis

Temen* pada tau gk??
Aurora yang satu ini, bukanlah nama dari salah satu animasi Princess dalam Walt Disney Land,..
Untuk bisa memahami apa itu Aurora, terlebih dahulu kamu kamu harus paham, bahwa pada lapisan atmosfer bumi terdapat lapisan yang disebut ionsfer… Bahwa bumi memiliki medan magnet…. Bahwa angin matahri memancarkan partikel-partikel bermuatan,,,,,

Emang kenapa qt harus paham akan hal* di atas???
Karena Aurora sebenarnya adalah fenomena alam, berupa pancaran cahaya yang menyala-menyala pada lapisan ionsfer sebuah planet,,,, Fenomena tersebut muncul sebagai akibat interaksi antara medan magnetic planet yang besangkutan, dengan partikel* bermuatan yang dipancarkan oleh (angin) matahari.
Nah,,, di bumi qt, Aurora terjadi di sekitar kutub utara dan selatan kutub* magnetiknya. Aurora yg terjadi di bagian utara bumi (yang berarti merupakan kutub selatan magnetiknya), dinamai Aurora Borealis. Nama Aurora dipinjam dari dari nama “dewi fajar” dalam mitologi bangsa Yunani kuno. Sedangkan Borealis diambil dari kata Boreas, nama Yunani untuk “angin utara”. Dinamakan demikian, karena di daratan Eropa, Aurora Borealis sering terlihat di ufuk utara. Berupa semburat cahaya kemerahan, sekan-akan matahari kan terbit dari arah itu,,.
Aurora Borealis selalu terjadi antara bulan September-Oktober, serta Maret-April..
Fenomena Aurora dengan sifat* yang serupa juga terjadi di bagian selatan bumi, dan dinamai Aurora Australis..

Hmmm,,,.. klu pada pengen ngeliyat fenomena alam yang satu ini, bisa dengan mata telanjang,.. TTTAAAPPPIIII,…. Kalau di Indonesia mah kagak bisa!!! So, ngumpulin fulus dulu buat pergi ke Eropa, Amerika, ataupun Australia. En klu mau nyaksi’in fenomena ni di planet* lain, kalian butuh teleskop (klu kalian mau migrasi ke planet lain juga gapaga koq,.. hhehehe :P)

Comments

Popular posts from this blog

Naskah Drama 7 orang >> "Aduh Ujang"

Demi Trisno (Naskah Drama)

Puisi, Pantun. Gurindam Lingkungan -8baris