Menulis Tulisan Jepang di Windows


Tulisan Kanji
Ai = Cinta
Hai sobat. Kalian minat untuk menambahkan kosa kata jepang di lembar kerja kalian atau anda memerlukan huruf jepang dalam tugas kalian. Bingung bagaimana memulai mendapatkan input kata atau kalimatnya. . Input saja belum tahu darimana malah mau nulis huruf jepang. Malah bingung tho


Menurut pengalaman saya ada dua cara dalam menginputkan huruf jepang , baik itu hiragana,katakana dan kanji. Cara itu adalah , pertama menggunakan google translate dan mengubah pengaturan input bahasa dari komputer kita .

Lho kok google translate. Iya memang ini juga cara menginputkan kosa kata atau kalimat jepang dan bahasa lainnya. Tapi ada satu permasalahannya kita belum tahu apa sudah benar penempatan kata dan arti kata itu sendiri. Tapi kelebihannya kita tinggal copas dari google translate. Dan tak harus mengerti cara pola kalimat dalam bahasa jepang. Kalau kelemahannya ya karena ini cara instan ya terima aja apa yang disediakan . Dan yang pasti tanpa internet maka tidak dapat tersambung ke google translate. (Secara gitu)

Ini cara kita yang kedua, yaitu mengubah pengaturan input bahasa dari komputer kita. Yang pasti cara kali ini  buat kalian yang sudah tahu bagaimana pola dari penulisan bahasa jepang itu sendiri. 
-Awalnya kalian masuk ke control panel
- Setelah itu pilih regional and language option . Masuk ke sub language
- Kotak dialog muncul. Klik Change Keyboard; Klik Add (Windows 7) Klik detail; add (XP)
Tampilan di Windows 7
Tampilan di XP
- Jika sudah, klik apply
Sudah selesai deh pengaturannya. Terus kapan nulis tulisan jepangnya. Tunggu dulu kawan
Sekarang ubah pengaturan language bar di komputer kita yang letaknya di kanan bawah. Pilih mana bahasa yang kalian inginkan (contoh JP untuk Bahasa Jepang)



Jika belum menemukan language bar di bawah kanan. Mungkin anda belum mensettingnya dengan cara 
buka control panel, klik Change keyboard or other input methods, klik change keyboard; klik tab Language Bar. Tandai “Docked in the taskbar” dan klik Apply.
Atau memang kalian letakkan di luar, jadi cari dulu.
Jika sudah maka bisa menggunakannya, anda lihat di gambar atas kan ada huruf "A". Klik itu maka anda bisa mengubah jenis huruf apa yang akan anda gunakan . contoh anda memilih hiragana, maka anda langsung bisa menginputkan tulisan jepang. Dengan cara mengetik sesuai bacaannya (misal ; mo=も no=の sa=さ shi=し。Jadi ものさし= Monosashi atau penggaris).
Oke mungkin itu saja untuk saat ini. Bye, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Naskah Drama 7 orang >> "Aduh Ujang"

Demi Trisno (Naskah Drama)

Puisi, Pantun. Gurindam Lingkungan -8baris